Kenapa Harus Kindle

Saya kenal dengan kindle sejak 2010, saat belajar jadi affiliate amazon. Kindle adalah salah satu produk dari amazon, sebagai e-reader. 

Jadi buku-buku dari amazon bisa dibeli dalam bentuk e-book dan dibaca di Kindle. Saat itu, belum populer iPad atau Samsung Tab. 

Bagi yang belum tau, Amazon yang semegah ini, dulunya adalah website penjual buku di Amerika. Wajar saja mereka punya banyak produk turunan seperti e-book, Kindle, dan aksesories untuk pembaca.

Saat iPad, samsung tab dan sejenisnya sudah membludak di pasaran. Serta e-book juga bisa di gadget tersebut. Ternyata Kindle masih menang banyak untuk digunakan.

Pertama, Kindle lebih nyaman di mata. Penerang yang terdapat di kindle ternyata ditembakkan ke arah layar.

Terkesan seperti melihat kertas. Sehingga saat di bawah matahari tidak terlihat gelap, dan saat di ruangan gelap, tidak terlalu terang.

Berbeda dengan gadget lain, dimana sumber cahayanya adalah layar, lalu diarahkan ke mata. ini mengakibatkan mata cepat lelah. Jika keseringan akan menurunkan daya penglihatan juga.

Pun dengan tekstur layar, menyentuh Kindle hampir sama seperti menyentuh kertas, memiliki tekstur kasar.

Sepertinya Amazon sengaja menciptakan Kindle. tanpa menghilangkan kesan seperti membaca buku, bukan robot.

Berikutnya, Kindle dikhususkan untuk fokus membaca. Tanpa atau gangguan dari notifikasi sosial media. 

Kan sering tuh, saat kita membaca di gadget kita, tiba-tiba muncul notifikasi baru.

Lalu kita buka dan baca, lalu pindah lagi ke informasi berikutnya. 

Ternyata berdasarkan penelitian, fungsi otak saat itu sedang memiliki gangguan. Pertama adalah gangguan konsentrasi karena perhatian kita mudah terpengaruh.

Yang kedua, gangguan pemahaman secara mendalam. Diserang dengan banyak informasi berakibatkan pembaca hanya ingin yang instan saja. Rupanya, saya juga merasakannya.

Kindle juga memiliki audible, semacam audio book. Misalnya saat kita di jalan, atau mengerjakan sesuatu yang tidak bisa membaca buku.

Maka kita bisa mendengar buku tersebut dibaca orang. Mereka menyewa narator yang enak baca teks. 

Selain audible, terdapat juga google audiobooks. Namun tidak bisa dinikmati dengan Kindle.

Saya sendiri, senang dengan Kindle paperwhite. karena modelnya lebih simple, dan fiturnya terupdate. Apalagi sekarang baru mengeluarkan versi terbaru all-new paperwhite.

Punya kapasitas storage dua kali dari versi sebelumnya, dan waterproof selama satu jam dalam air. 

Video Review-nya, lihat aja disini.

Oya, yang tidak biasa belanja pakai credit card, Saya sarankan pakai payoneer. tunggu saja, akan saya buatkan postingan khusus tentang ini.

 

Leave a Reply