Oh leuh peuget, reulheh
Oh leuh pula, koh
Oh leuh pajoh, beh

Hidup itu terus ada perulangan. Apa yang telah dibuat, suatu saat pasti akan dihancurkan. Yang dimakan, pasti ada yang dibuang, Yang ditanam, pasti akan ditebang. Begitulah ibarat yang disampaikan waled.

Kata Dewa Eka Prayoga, menjadi seorang penjual, selesai jualan apa yang harus dikerjakan lagi. Ya jualan lagi.

Pun menjadi pembicara, selesai mengisi acara disuatu tempat, ngapain lagi. Ya jadi pembicara lagi.

Yang berhasil Nyaleg, pasti nyaleg lagi. jangan heran poster-poster di jalan akan ada muka lama. seseorang yang berhasil disuatu bidang akan mengulangi keberhasilannya.

Dalam dunia bisnis, produknya banyak tapi perusahaan penerbitnya itu-itu lagi. investornya dia dia lagi.

Dunia sepak bola juga begitu. Yang menang kompetisi liga lokal, hingga Liga Champion, ya mereka klub papan atas. sangat jarang muncul juara baru.

Perulangan akan membuat mereka menjadi lebih, bahkan master di bidang itu.

Menurut Jason Fried dalam Tulisannya Teaching Iteration, menyebutkan Hal yang membuat sesuatu menjadi lebih baik, dan Menjadikan hal telah diperbuat, menjadi suatu yang fresh adalah iteration, dengan pengulangan.

sayangnya saat dibangku sekolah, kita tidak banyak mendapatkan sistem pengulangan. Selesai dengan suatu penugasan, akan mendapatkan tugas baru dengan materi yang berbeda. Jarang sekali ada kesempatan untuk mengulang tugas lama di semester beru. Kesempatan yang disia-siakan.

Sarannya, khusus untuk tugas akhir semester. pelajar dapat memilih sesuatu yang sudah dikerjakan, memperbaikinya dan menjadi versi 2, versi yang lebih baik.

Versi terbaru ini Mewajibkan mereka utk membawa perspektif baru. Lalu Memperagai dari berbagai aspek yang bekerja. Misalnya terhadap waktu, ruang, dan kesempatan yang tersedia.

Dengan menemukan sudut pandang yang baru, menerapkan perspektif baru, dan ide baru dalam masalah yang lama. sistem pengulangan akan menjadi evolusi. Karena merubah suatu yang lama menjadi lebih baik.

So, tidak ada salahnya jika pekerjaan kita itu-itu saja. Semakin sering diulang, kita akan menemukan metode yang lebih efektif dan efisien.

Produk teknologi, smartphone, internet menjadi canggih dan keren. itu karena pengulangan dan terus memperbaiki.

Jika kerjaan kita adalah menulis, abis nulis kita mau ngapain?
Istirahat dululah sejenak. kasian mata. Baru nulis lagi. Yang penting, ada setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *