Dr. M itu pemalu

Perdana Menteri Malaysia saat ini -Dr Mahathir Muhammad, biasa disapa Dr. M, adalah seorang pemimpin negara paling tua saat ini. Usianya sudah 94 tahun.

Memilih bekerja 18 jam sehari di sisa-sisa usianya, untuk membuat perubahan di Malaysia. Saya merasa gagal menjadi anak muda.

Sudah punya banyak pengalaman dan keberhasilan, masih mau bekerja dengan kerjaan yang tak ringan di usianya.

Baru-baru ini saja Najwa Shihab mewawancarai beliau. Pertanyaan yang paling saya sukai disitu adalah pertanyaan terakhir ‘Apa yang tidak diketahui orang tentang Dr.M.’

Beliau mengungkapkan, bahwa merasa malu jika tampil di halayak ramai, tak nyaman dihadapan publik.

Namun karena ini tugas. Menjadi kewajiban juga figur politik untuk tampil di publik. Maka harus menjalani itu. Berada di luar zona nyaman. Wow..

Kiprahnya di dunia politik sudah lebih 70 tahun. Selama itu juga beliau melawan zona nyamannya.

Menjadi renungan bagi saya pribadi. Hingga saat ini masih menggunakan dalih tak mau bekerja di bidang tertentu karena tak sesuai dengan passion. Padahal malas keluar dari zona nyaman.

Sering memang, dalam beberapa kasus.. Jika dibicarakan saat itu masalah mungkin selesai dan tak berlarut-larut. Tapi ada saja sisi yang berbisik ‘Nanti saja, di WA saja kan bisa’.

Karena menganggap Introvert, seseorang tak mau mengutarakan langsung saat itu, padahal itu adalah waktu yang tepat.

Dan orang extrovert tak mau menahan emosinya. Karena ia ingin orang lain memahami bahwa ia ekstrovert. Padahal kondisi sudah kacau karena lisannya.

Mungkin sesekali perlu menantang diri. Untuk keluar dari kutukan intelektualitas kita.

Membuang tipe ABCD diri. Untuk menyelesaikan tanggung jawab masing-masing.

Leave a Reply